SOSIALISASI PERATURAN BUPATI NO.50 2017 TENTANG SAID DAN DASAR-DASAR SAID

Sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup) No. 50 tahun 2017 tentang Sistem Administrasi dan Informasi  Desa (SAID)  dilaksanakan pada Kamis (19/7).  Kegiatan ini merupakan kegiatan pembuka dari program kerja mahasiswa  Kuliah Kerja Nyata (KKN )193 Universitas Jember yang bertugas di desa Kemuningan, kecamatan Taman Krocok, Bondowoso. Sebanyak delapan orang perangkat desa turut hadir di balai desa dan mengikuti sosialisasi ini.

Sebagai bentuk sosialisasi program kabupaten Bondowoso agar setiap desa memiliki sistem administrasi dan web desa yang terhubung langsung kepada pemerintah kabupaten Bondowoso, maka dalam sosialisasi ini mahasiswa KKN mengajak peran serta perangkat desa Kemuningan untuk menerapkan SAID sesuai program yang telah digalakkan sejak tahun lalu tersebut. Perangkat desa menyambut baik kegiatan ini dengan memberi respon berupa pertanyaan seputar kebijakan tersebut.

Di kesempatan ini mahasiswa KKN juga mengenalkan tampilan aplikasi dan website resmi SAID kepada perangkat desa. Para perangkat diajak mengenal menu-menu yang ada di dalam SAID dan kemudahan-kemudahan yang mungkin akan didapat saat menerapkan sistem tersebut. Beberapa menu yang ditawarkan antara lain: pengurusan dan pembuatan Kartu Keluarga, surat-surat pindah dan kelahiran serta kematian, pendataan penduduk dan lain sebagainya.

(foto bersama mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) bersama perangkat desa Kemuningan)

Harapannya dengan adanya SAID yang berbasis teknologi informasi  di desa Kemuningan, akan mempermudah kerja perangkat dalam hal pendataan warga dan tertib administrasi warganya Namun aplikasi SAID dan website desa ini harus menunggu Universitas Jember memberikan password dan username baru sistem ini bisa digunakan oleh operator desa Kemuningan. [ ]

Related posts

Leave a Comment